Telan Anggaran Rp 28 Miliar, Aparat Hukum Diminta Usut Proyek Peningkatan Struktur Jalan Kedah – Kongbur

- Redaksi

Sabtu, 30 Maret 2024 - 08:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gayo Lues – Aneh, Pelaksanaan Kegiatan peningkatan Struktur Jalan Desa Kedah hingga Kongbur Kecamatan Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues yang dikerjakan oleh PT. Nunang Lestari Abadi Tahun 2023 lalu, diduga bermasalah, karena peningkatan Struktur Jalan Desa Kedah dan Kongbur tersebut kurangnya Volume serta diduga tidak sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB).

Dari hasil Reses ke Enam (6) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Gayo Lues dilapangan pada Tanggal 20 – Maret – 2024 Kemaren dan menurut mereka, Peningkatan Struktur Jalan Kedah – Kongbur Tahun Anggaran 2023 tersebut, diduga tidak sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dan bahkan kurang Volume.

“Bayangkan saja, ketika kita Cek dilapangan, Tembok Drenase/Paret yang ada disisi jalan tersebut yang dibangun oleh PT. Nunang Lestari Abadi di injak pakai kaki saja sudah roboh,” Kata Ketua Tim Reses DPRK Gayo Lues, Yusuf Aswad, Pada Jum’at (29/03/2024). https://youtu.be/9YIrnK3MNZI

ADVERTISEMENT

Ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurutnya, melihat dari Anggaran dari APBN Inpres Sebesar Rp.28.426.746.456.00 dalam kegiatan peningkatan Jalan Kedah – Kongbur tersebut seharusnya luar biasa bagusnya karena memang anggaran cukup besar, namun kenyataannya pekerjaan peningkatan jalan Kedah – Kongbur tersebut kesannya asal – asalan saja.

“Seperti Asap itu dikerjakan asal jadi Saja dan kurang berkualitas dan bahkan kurang Volume dan diduga tidak sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang ada,” Kata Yusuf Aswad heran.

Baca Juga :  Kepala Kantor BPN Kabupaten Tangerang Lantik 5 Pejabat PPAT

Lebih lanjut Yusuf Aswad menambahkan, Kegiatan peningkatan Struktur Jalan Kedah – Kongbur tersebut yang dikerjakan oleh Rekanan PT. Nunang Lestari Abadi tersebut seharusnya dikerjakan sesuai dengan RAB. Dan bahkan menurut kajian Komparasi persiapan tebal lapisan perkerasan lentur dengan Metode Manual Desain.

Selain itu katanya, berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh dari hasil manual Desain perkerasan jalan 2017 untuk lapisan permukaan dengan ketebalan 10 Cm, kemudian lapisan pondasi kelas A dengan ketebalan 40 Cm dan timbunan pilihan dengan ketebalan 10 Cm, sedangkan pada Metode Aashto 1993 yaitu lapisan permukaan dengan ketebalan 7 Cm, lapisan pondasi kelas A dengan ketebalan 18 Cm, lapisan pondasi kelas B dengan ketebalan 30 Cm dan timbunan pilihan dengan ketebalan 10 Cm dan Metode lapangan yaitu lapisan permukaan dengan ketebalan 6 Cm, lapisan pondasi kelas A dengan ketebalan 20 Cm, lapisan pondasi kelas B dengan ketebalan 20 Cm dan timbunan pilihan dengan ketebalan 20 Cm, kata kunci Aashto baru perkerasan luntur.

“Namun kenyataannya kami lihat di lapangan, pengerjaan peningkatan Struktur Jalan Kedah – Kongbur tersebut tidak sesuai yang diharapkan Masyarakat, bahkan pekerjaan Struktur Jalan Kedah – Kongbur tersebut dikerjakan asal jadi alias kurang volume dan tidak sesuai RAB. Untuk itu, kita meminta kepada Rekanan PT. Nunang Lestari Abadi yang mengerjakan Proyek tersebut, agar segera memperbaiki kembali mulai dari Aspal rusak dan retak hingga tembok Drenase yang berada disisi jalan tersebut, jika tidak segera diperbaiki, ini sebagai bahan kami nantinya untuk dibahas dalam rapat Dewan nantinya. Kita juga heran, kok masih berani Rekanan PT. Nunang Lestari Abadi ini mengerjakan Proyek yang Anggarannya sebesar diatas hanya dikerjakan asal -asalan saja, serta kurangnya volume dan tidak sesuai dengan RAB yang ada,” Pungkasnya.

Baca Juga :  Rekayasa Lalu Lintas Berjalan Baik Saat Arus Mudik Lebaran, Jaringan Aktivis Nusantara Apresiasi Kinerja Polri

Terkait hal diatas, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gakorpan Provinsi Aceh juga angkat bicara. Menurutnya, pengerjaan proyek Struktur Jalan Kedah – Kongbur tersebut diduga Syarat Korupsi, bayangkan saja, Dana sebesar 28 Milyar Lebih, hanya dikerjakan Asal – Asalan saja, sehingga kualitas kerjaan tersebut juga Diduga tidak sesuai RAB.

” Untuk itu, kita mendesak kepada Aparat Penegak Hukum (APH) agar segera mengusut Tuntas dan mengecek pengerjaan proyek Struktur Jalan Kedah – Kongbur tersebut, bila Perlu agar diperiksa mutu pengerjaan proyek Struktur Jalan Kedah – Kongbur tersebut, karena anggarannya besar otomatis kwalitas juga harus yang terbaik dan bukan sebaliknya belum setahun Aspal nya sudah terkelupas dan berlobang ditambah Tembok Drenase/Paret juga kurang berkualitas sehingga kesannya pekerjaan tersebut hanya dikerjakan asal -asalan saja dan memalukan,” Tutup Ketua DPD Gakorpan Provinsi Aceh Iskandar Muda ini. Sabtu (30/03/2024).

Wartawan Media ini mencoba menghubungi Khairul Lembah Alas, namun hingga berita ini dikirim kemeja Redaksi, belum ada jawaban serta tanggapan dari Khairul. [Tim]

Berita Terkait

Berbagi Kebahagiaan Dengan Masyarakat Dalam Perayaan Idul Adha, DPC GRIB Jaya Kota Medan dan 21 PAC Sembelih 39 Ekor Sapi
Hari Raya Idul Adha, Lapas Binjai Sembelih 8 Ekor Hewan Qurban
Pastikan Aman Malam Takbiran, Polsek Waru Gelar Apel Gabungan
Pemusnahan Barang Bukti Narkoba di Ruangan Rapat Ditresnarkoba Polda Kaltim
Tingkatkan Kesadaran Pengendara, Satlantas Polresta Balikpapan Lakukan Razia.
Kapolsek Loa Janan Lakukan Pengecekan Senpi dan HT Inventaris Personelnya
Membentuk WBP Produktif, Lapas Binjai Lakukan Pembukaan Pelatihan Kemandirian Bersertifikasi
Polri Kirimkan 7 Polwan Jadi Petugas Pelayanan Ibadah Haji, Ini Tugasnya
Berita ini 8 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 07:55 WIB

Berbagi Kebahagiaan Dengan Masyarakat Dalam Perayaan Idul Adha, DPC GRIB Jaya Kota Medan dan 21 PAC Sembelih 39 Ekor Sapi

Selasa, 18 Juni 2024 - 06:14 WIB

Hari Raya Idul Adha, Lapas Binjai Sembelih 8 Ekor Hewan Qurban

Minggu, 16 Juni 2024 - 19:05 WIB

Pastikan Aman Malam Takbiran, Polsek Waru Gelar Apel Gabungan

Minggu, 16 Juni 2024 - 01:16 WIB

Pemusnahan Barang Bukti Narkoba di Ruangan Rapat Ditresnarkoba Polda Kaltim

Sabtu, 15 Juni 2024 - 15:54 WIB

Tingkatkan Kesadaran Pengendara, Satlantas Polresta Balikpapan Lakukan Razia.

Kamis, 13 Juni 2024 - 09:17 WIB

Membentuk WBP Produktif, Lapas Binjai Lakukan Pembukaan Pelatihan Kemandirian Bersertifikasi

Rabu, 12 Juni 2024 - 23:27 WIB

Polri Kirimkan 7 Polwan Jadi Petugas Pelayanan Ibadah Haji, Ini Tugasnya

Rabu, 12 Juni 2024 - 22:33 WIB

Diskusi Bersama Dalam Coaching Mentoring Asesor dan Pembantu Pembimbing Kemasyarakatan

Berita Terbaru