Respon Cepat Tangani Kasus Anak, Polresta Sidoarjo Diganjar Penghargaan dari Komnas PA

oleh
oleh

Sidoarjo – Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mengapresiasi respon cepat Polresta Sidoarjo dalam menangani kasus anak. 

Apresiasi tersebut disampaikan Ketua Umum Komnas PA Arist Merdeka Sirait saat menerima kedatangan rombongan Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro. Kapolresta Sidoarjo bersama sejumlah pejabat utama datang ke kantor Komnas Perlindungan Anak yang terletak di kawasan Pasar Rebo Jakarta Timur tersebut, Jumat (11/3). 

Menurut Arist Merdeka Sirait, kasus yang melibatkan anak sebagai korban ataupun pelaku cenderung meningkat. Demikian pula di Sidoarjo, kata Arist, kasus kejahatan melibatkan anak menempati urutan kedua setelah Surabaya. 

“Namun kita apresiasi, Polresta Sidoarjo responnya cepat dan tepat dalam menangani kasus anak,” kata Arist. 

Menurut Arist, sejak lima tahun lalu Komnas PA sudah melakukan kerja sama atau MoU dengan kepolisian di tingkat Kapolri. Sehingga Komnas PA selalu kerja sama dengan unit-unit Perlindungan Perempuan dan Anak di Polres dan Polresta di seluruh Indonesia. Komnas PA bisa membantu penyidik dengan memberi barang bukti kasus kejahatan yang melibatkan anak. 

“Kita selalu monitor kasus perlindungan anak dan memberi dukungan moral ke penyidik,” kata Arist. 

Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro mengucapkan terima kasih atas sambutan dan apresiasi yang diberikan Komnas PA. Apresiasi tersebut bisa menambah semangat penyidik dalam menangani permasalahan terutama soal perlindungan anak. 

“Kasus anak ini perlu penanganan khusus dan kecepatan ekstra agar segera ada kepastian hukum,” kata Kusumo. 

Menurut Kapolresta Sidoarjo, anak adalah generasi penerus dan masa depan bangsa akan bergantung pada mereka. Sehingga hak-hak anak harus dilindungi, termasuk saat mereka menjadi korban ataupun pelaku kejahatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.