Wujudkan Herd Immunity, Polres Jembrana Kebut Vaksin : Begini Penjelasan Kapolres

Jembrana, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. mengerahkan tenaga kesehatan dan personilnya dalam kegiatan vaksinasi lanjutan (Booster) dalam memaksimalkan pencapaian target vaksinasi di wilayah Kab. Jembrana.

Ini disampaikan oleh Kapolres Jembrana saat memantau jalannya pelaksanaan giat Gerai Vaksin Presisi di Klinik Pratama Polres Jembrana, Senin (14/3).

Menurut data dari Provinsi Bali, wilayah kita di Kab. Jembrana belum memenuhi target pencapaian vaksin ke-3 yang masih dibawah 30% yaitu baru 25%.

Kapolres mengatakan, kita sudah melakukan upaya-upaya seperti kegiatan vaksinasi malam, dan besok pada hari Selasa (15/3) kami akan menyasar wilayah pasar dan memberikan pelayanan vaksinasi di tempat kepada para pedagang yang tidak sempat melakukan vaksin karena terbentur dengan waktu guna untuk mempermudah masyarakat pedagang.

Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat agar dapat mengikuti program vaksin sampai tahap ketiga, karena dari data kematian yang ada di Provinsi Bali menunjukan 60% diakibatkan karena masyarakat belum divaksin, untuk masyarakat yang sudah vaksin ke-3 data kematiannya 0%, artinya tidak ada angka kematian setelah dilaksanakannya vaksin ke-3.

Kapolres juga menyampaikan, menurut data dari faktor usia yang rentan adalah lansia, kebanyakan angka kematian diakibatkan karena dibarengi dengan penyakit bawaan pasien/komorbid.

“Saya menghimbau agar kita semua bisa menjalankan program pemerintah dengan melaksanakan vaksinasi dengan maksimal sampai tahap ke-3, dan diupayakan agar bisa mencapai 30% atau lebih, dan ini juga sudah menjadi kebijakan pemerintah terutama bagi PPDN. Tentunya kita ingin menumbuhkan kekebalan kelompok (herd immunity) yang semakin maksimal. Vaksin ke-2 memang sudah lengkap, namun ke-3 lebih sempurna untuk meningkatkan kekebalan setiap individu masing-masing,” jelas Kapolres.

Kegiatan pemeriksaan dan layanan vaksinasi di Klinik Pratama Polres Jembrana setiap hari akan dilaksanakan, setiap masyarakat yang melintas akan diperiksa oleh petugas dan jika belum vaksin akan dihimbau dan diarahkan untuk melaksanakan vaksin langsung di Gerai Vaksin Klinik Pratama Polres Jembrana, termasuk juga masyarakat yang masuk ke Polres untuk mencari SIM, SKCK, Sidik Jari akan dicek dan diperiksa kartu vaksinnya.

“Dari masing-masing Puskesmas juga sudah terjadwal dan sudah ada jadwal-jadwalnya dari Dinkes untuk layanan vaksinasi, ini semua himbauan untuk Kepala Desa dan Camat agar dapat mengajak warganya untuk bisa mengikuti vaksin ke-3 dengan maksimal lagi,” pungkas orang nomor satu di jajaran Polres Jembrana itu.

m iqbal