Lebih Dekat Dengan Masyarakat, Humas Polda Jateng Kembangkan Citizen Journalisme

SEMARANG – Bidang Hubungan Masyarakat (Bidhumas) Polda Jateng mengembangkan terobosan kreatif untuk memberikan informasi terkini kegiatan kepolisian kepada masyarakat.

Kegiatan yang dikemas dalam format laporan langsung atau live report oleh anggota Polri di lapangan ini ditujukan agar warga masyarakat mengetahui situasi Kamtibmas terkini dan kegiatan-kegiatan Harkamtibmas yang tengah dilakukan petugas Polri.

“Petugas kepolisian seperti Kapolsek, bhabinkamtibmas, anggota lalu lintas maupun petugas lain melaporkan langsung ke masyarakat kegiatan kepolisian yang mereka laksanakan. Live by phone. Jadi kami secara tidak langsung mendorong mereka untuk menjadi jurnalis warga atau citizen journalist,” kata Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, Kamis (10/3/2022).

Rintisan awal kegiatan ini dilakukan Polda Jateng bekerjasama dengan RRI Semarang melalui program acara yang dinamakan “Polisi Hadir”. Kedua belah pihak sepakat untuk mengalokasikan waktu live report anggota Polri itu pada jam siaran RRI pada pukul 05.00 -24.00 wib.

Adapun siaran polisi hadir ini, dapat ditangkap oleh pendengar di RRI Semarang Programa 1 di saluran 89 FM dan 8,01 AM serta di aplikasi RRI Play Go dan streaming siaran RRI di internet. Dalam kegiatan itu, penyiar RRI yang bertugas dan akan menghubungi langsung petugas kepolisian yang bertugas di lapangan.

Kabidhumas menerangkan, kegiatan live report anggota Polri di lapangan ini ditujukan untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat.

Masyarakat diberikan informasi langsung oleh petugas di lapangan tentang spot-spot rawan kemacetan, update kriminalitas serta kegiatan pelayanan masyarakat yang dilakukan oleh Polri.

“Masyarakat nanti bisa juga mendapatkan informasi tentang aplikasi yang tengah dikembangkan Polri, ungkap kasus, daerah rawan Kamtibmas dan informasi terkini lainnya,” tambahnya.

Adapun pelaporan akan dilakukan secara informatif dan segar sehingga dapat diterima oleh pendengar RRI selaku khalayak.

Terkait kerjasama Polda Jateng dengan RRI Semarang tersebut, Penanggung jawab Program 1 RRI Semarang, Setya Daraningrum, memberikan apresiasi atas terobosan kreatif ini.

“Dengan informasi yang langsung diberikan oleh polisi di lapangan, masyarakat bisa langsung mendapat info dari pihak yang berkompeten yaitu kepolisian,” ungkapnya.

Dengan mendengarkan dari petugas kepolisian, ia berharap, masyarakat bisa lebih tenang karena mendapat informasi yang benar.

“Upaya live report polisi ini sangat membantu menepis hoax yang sering beredar di media sosial. Kalau yang ngomong polisinya langsung kan beda. Masyarakat bisa mendapatkan info dari sumber yang kredibel,” tambahnya.

Dirinya mengapresiasi update informasi yang dilaporkan bhabinkamtibmas maupun polisi lalu lintas di lapangan.

“Seperti kejadian tanah longsor dan informasi pengalihan arus yang diberikan beberapa waktu lalu, itu sangat diapresiasi masyarakat. Apalagi setelah report, petugas juga memberikan himbauan-himbauan yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Setya Daraningrum.

Wanita yang akrab dipanggil Dara ini mengungkap, dirinya berharap program seperti ini akan terus dikembangkan Polri untuk membina kedekatan dan memberikan informasi yang aktual ke masyarakat.

“Tentunya ini amat bermanfaat bagi masyarakat dan sangat efektif untuk menangkal hoax yang saat ini banyak beredar,” kata Dara.

(Adi)